Tips Membuat Es krim Coklat Lembut Sendiri Dirumah

Resep Es Krim Cokelat | Chef Lisa  Ferani
source gambar : yummy.co.id

Dessert yang dingin dan disukai oleh banyak orang adalah es krim, desert ini punya cita rasa yang manis dan juga tekstur yang lembut. Saat ini sudah banyak sekali tempat yang menjual eskrim dengan berbagai topping yang sangat menggiurkan, tapi membuat es krim sendiri di rumah jauh lebih seru.

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat es krim sendiri di rumah ada beberapa hal yang harus Anda. Sudah dapat di pastikan cara membuat es krim sederhana dan murahbisa Anda lakukan sendiri, jadi yuk kita simak tipsnya di bawah ini:

  • Pilih Bahan yang Berkualitas

Bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat es krim diantaranya ada telur, susu, dank rim kental jadi untuk membuat es krim sendiri dirumah pastikan Anda memiliki bahan bahan tersebut. Pilihlah bahan yag memiliki kualitas bagus. Bagi Anda yang ingin membuat es krim rasa vanilla Anda sebaiknya gunakan biji vanilla yang asli, usahakan jangan menggunakan perasa vanilla.

  • Bekukan Loyang untuk Es Krim

Supaya es krim yang Anda buat berhasil Anda juga harus membekukan Loyang untuk tempat es krim tersebut kurang lebih 24 jam sebelum Anda gunakan, hal ini cukup penting untuk Anda lakukan supaya es krim yang Anda buat ini tidaj jadi lembek, selain itu nanti adonan es krim juga akan jadi lebih mudah mengeras sampai kedalam.

  • Masukan Topping jika Adonan sudah beku

Makan es krim jadi lebih lengkap jika kita tambahkan dengan beberapa topping, topping ini bisa menambahkan rasa atau juga tekstur dari es krim. Topping yang bisa Anda tambahkan adalah kacang, buah, hingga messes.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan perasa lainnya ke dalam es krim Anda.  Jika Anda ingin menambah perasa sebaiknya masukan saat adonan masih setengah matang, aduk sampai semuanya tercampur merata.

  • Kocok adonan es krim menggunakan kecepatan cepat

Supaya es krim yang Anda buat di rumah jadi lebih lembut Anda harus mengocoknya menggunakan kecepatan yang cepat. Dengan mengocok secara cepat bisa membuat udara yang ada dalam adonan jadi terkocok sampai bisa membuat adonan jadi tidak keras saat dibekukan.

Jadi sebaiknya supaya Anda tidak terlalu lelah dan hasil es krim jadi sempurna sebaiknya aduk menggunakan blender atau juga mizer, gunakan kecepatan yang paling tinggi. Aduk adonan sebanyak 2 kali sebelum benar- benar di bekukan dalam freezer.

  • Gunakan wadah yang berisi potongan es batu

Selama Anda mengocok adonan yang kedua kali Anda bisa menggunakan wadah yang memiliki potongan es batu, hal ini cukup penting supaya adonan es krim Anda jadi terus dingin dan tidak terjadi perubahan suhu yang cukup drastis.

Jika terjadi perubahan suhu akan membuat adonan es krim Anda jadi mengkristal dan jadi lebih mudah cair ketika di nikmati. Saat Anda membekukannya di dalam freezer sebaiknya Anda juga gunakan wadah yang terbuat  dari plastik.

Cara membuat es krim coklat :

  • Bahan-bahan:
    – 1/2 kg gula pasir
    – 1 liter susu
    – 6 butir telur ayam
    – 6 sdm cokelat bubuk
    – Garam dan Vanili

Cara membuat:

  • Pisahkan kuning dan juga putihh telur
  • Campurkan kuning telur kemudian masukan gula dan aduk menggunakan mixer sampai jadi lembut.
  • Jika sudah aduk di wadah berbeda putih telur, garam, vanili, aduk hingga jadi halus.
  • Campurkan adonan kuning telur dan putih telur, masak hingga adonannya mendidih, jangan lupa untuk terus diaduk.
  • Larutkan coklat dengan susu dan tambahkan dengan adonan yang sudah mendidih
  • Jika sudah dingin bisa langsug di masukan ke freezer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *