Fungsi surat keterangan penghasilan serta cara membuatnya dan contohnya

Surat keterangan penghasilan merupakan surat keterangan resmi yang di dalamanya mencantumkan nominal jumlah gaji seorang karyawan secara detail. Melihat hal ini, tidak ada ketentuan baku dalam pembuatannya, karena setiap perusahaan pasti memiliki formatnya masing-masing. Namun, dalam mebuat surat keterangan penghasilan, harus memiliki komponen-komponen sebagai berikut:
- Kop perusahaan lenkap untuk menyatakan instasi tersebut adalah resmi
- Nama surat dan nomor surat
- Data diri karyawan yang bersangkutan
- Detail perincian gaji mulai dari gaji pokok, transport, uang makan, insentif, hingga potongan harga
- Peruntukan tujuan surat ditulis dengan jelas
- Tanggal pembuatan surat
- Nama dan tanda tangan pihak perusahaan yang terkait
- Menggunakan stempel
Selain itu ada yang harus ditambah dari komponen-komponen diatas yaitu.
Selain karyawan, wiraswasta/wirausahawan juga bisa membuat surat keterangan penghasilan sendiri. Komponen yang harus ada di dalamnya adalah:
1. Mencantumkan data identitas diri
Pada surat, wiraswasta perlu mencantumkan data identitas diri secara lengkap. Beberapa informasi yang harus tersedia adalah nama, tanggal lahir, alamat, nomor KTP, nomor Kartu Keluarga, jenis usaha, dan penghasilan per bulan.
2. Diketahui oleh pemerintah setempat
Karena tidak tergabung dalam sebuah instansi atau perusahaan, wiraswasta harus menandatangani sendiri surat tersebut. Namun, harus ada pula pengesahan dari pihak pemerintah setempat, khususnya RT dan RW tempat tinggal. Hal ini untuk menegaskan bahwa jumlah penghasilan tersebut memang benar.
Begitulah cara membuat surat keterangan penghasilan. Cukup mudah membuat surat ini. Surat ini juga memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.
- melamar pekerjaan
Dalam proses rekrutmen tertentu, biasanya ada perusahaan yang menjadikan surat keterangan penghasilan di perusahaan sebelumnya sebagai syarat administrasi.Hal ini biasanya ditujukan agar perusahaan tersebut bisa mempelajari jejak karir kamu dan menentukan gaji di perusahaan yang baru.
2. Pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan
Untuk kamu yang menggunakan layanan BPJS Ketenagakerjaan, surat ini bisa digunakan untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sejumlah 30% dengan ketentuan yang berlaku.Perlu kamu ketahui, pencairan dana ini bisa dilakukan meskipun kamu masih merupakan pekerja aktif.
3 .Membuat Visa
Pembuatan visa untuk bepergian ke luar negeri umumnya juga menjadikan surat keterangan penghasilan sebagai syarat administrasinya.Surat ini menjadi bukti bahwa kamu dipastikan memiliki uang serta tabungan yang cukup untukhidup di luar negeri.
4. Pendaftaran beasiswa
Dalam hal ini ada dua peruntukkan surat kerja untuk beasiswa, yaitu bagi mahasiswa dan profesional.Bagi mahasiswa, untuk mendapatkan beasiswa tertentu biasanya diminta untuk menyertakan surat keterangan penghasilan milik orangtuanya.Sedangkan bagi profesional, surat keterangan kerja biasanya digunakan sebagai syarat administrasi untuk melanjutkan studi melalui beasiswa jalur profesional.Khusus untuk beasiswa jalur profesional ini, biasanya juga diminta untuk menyertakan surat rekomendasi dari atasan.
Berikut adalah contoh surat keterangan penghasilan.
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Ahmad sutisna
Jabatan: Direktur Keuangan
Menerangkan bahwa karyawan berikut ini.
Nama: Verel Ibrahim
Jabatan: Staf Digital Marketing
Adalah benar merupakan karyawan PT Orangtua sejak April 2019 hingga saat ini. Ada pun perincian gaji Saudara Muhammad Simbadda setiap bulan, khususnya pada April 2021, adalah sebagai berikut:
Gaji pokok: Rp8.000.000
Uang makan: Rp400.000
Transport: Rp200.000
Kesehatan: Rp100.000
Lain-lain: Rp250.000
Total tunjangan:Rp8.250.000
Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan sebagai syarat pengajuan pinjaman di bank.
Jakarta, 25 januari 2021
Ahmad sutisna
Direktur Keuangan