Cara Membuat Cendol Dawet Yang Enak

Serupa Tapi Tak Sama, 9 Fakta Es Dawet dan Cendol yang Bikin Mupeng

Lagu yang ditambahkan cendol dawet pastinya anda tahu bukan? Nah, pernahkah anda makan cendol dawetnya? Es cendol dawet ini sangat menyegarkan dan juga manis sekali. Hal inilah yang membuat banyak orang suka es cendol dawet ini. Es cendol dawet ini bisa sekali divariasikan dengan beberapa campuran lho! Jadi tidak hanya dengan kuah gula merah dan santan saja. Bisa dicampur dengan pelengkap lainnya yang akan menambah rasa dan kesegran. Sebelum cara membuat cendol dawet. Anda bisa meilhat cara pembuatan cendol tepung beras hijaunya dahulu.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan untuk membuat cendol tepung beras hijaunya adalah:

  • Tepung sagu 3 sendok makan
  • Tepung beras 140 gram
  • Air 700 ml
  • Pasta Rasa Pandan Hijau
  • Daun Pandan 5 lembar
  • Es Batu
  • Wadah Besar
  • Plastik Segitiga

Cara membuat cendol tepung beras hijau:

  • Blender dahulu daun pandannya hingga halus dan berikan air. Kemudian diperas dan masukkan ke dalam panci. Selanjutnya masukkan tepung beras, tepung sagu dan juga pewarna pandannya.
  • Selanjutnya tambahkan air jika belum mengental.
  • Setelah itu siapkan wadan besar yang berisi banyak es batu.
  • Gunting plastic segitigannya dibagia ujungnya saja. Kemudian anda masukkan adonannya dikit demi sedikit dan tekan.
  • Tekan hingga keluar ke dalam wadah besar berisi air es batu tadi.
  • Lakukan hingga adonannya habis. Setelah itu rendam dahulu.

1. Cendol Dawet Dengan Buah Nangka

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat cendol dawet dengan buah nangka adalah: cendol tepung beras hijau secukupnya, dan buah nangka. Untuk kuah santannya siapkan santan kelapa dan air dan garam. Kuah gula merahnya siapkan gula aren 250 gram, daun pandan 2 lembar dan air.

Cara membuat cendol dawet dengan buah nangka ini adalah dengan memasak kuah santannya dahulu dengan mencampurkan air bersama santannya dan aduk. Didihkan hingga matang., gula merahnya masukkan pada panci berbeda dan masukkan air dan pandannya. Didihkan hingga matang. Kemudian iris buah nangkanya. Siapkan mangkuk dan masukkan cendol bersama kuah gula merah lebih banyak daripada kuah santannya. Kemudian tambahkan irisan buah nangka tadi.

2. Cendol Dawet Dengan Sagu Mutiara

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cendol dwet sagu Mutiara adalah cendol tepung beras hijaunya semangkuk, sagu mutiaranya 1 bungkus, gula aren 2 buah, santan kelapa 1 kemasan dan daun pandan 3 lembar.

Cara memasak cendol dawet dengan sagu Mutiara ini adalah dengan memasak sagu Mutiara dengan air secukupnya hingga matang. Setelah itu tiriskan dan sisihkan. Masak kuah santan gula merahnya dengan memasukkan gula merah dan air. Lelehkan gula merah dan masukkan santannya. Tambahkan daun pandannya dengan dibuat simpul. Setelah itu siapkan mangkuk dan masukkan cendol hijaunya dan sagu Mutiara yang sudah dimasak tadi. tambahkan kuahnya.

3. Cendol Dawet Dengan Alpukat

Bahan-bahan yang dibutuhkan cendol dawet hijau, buah alpukat matang 1 buah. Selanjutnya gula aren 2 buah, santan 70 ml, daun pandan 1 lembar dan air. Siapkan es batu dan juga serutan es batu.

Cara membuatnya adalah dengan memsak kuahnya dahulu dengan mencampurkan gula merah, santan kelapa dan airnya ke dalam panci. Setelah itu masukkan ke dalam gelas dan tambhakan cendol hijaunya. Setelah itu tambahkan buah alpukat. Selanjutnya siapkan serutan es dan masukkan esnya di atas cendol dawetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *