Manfaat Mengetahui Masa Subur

Bagaimana Menentukan Masa Subur Wanita? (Andrey_Popov/Shutterstock)

Setiap periode perempuan memiliki masa ovulasi atau masa subur dan periode menstruasi. Masa ovulasi adalah saat proses pelepasan sel telur yang telah matang atau siap dibuahi. Itulah mengapa disebut pula masa subur karena masa masa ini peluang sperma berhasil masuk ke sel telur lebih besar dan peluang kehamilan juga lebih besar.

Mengetahui kapan saat masa subur dapat menggunakan kalender masa subur sebagai metode hitung. Metode ini dengan mencatat siklus menstruasi setiap bulannya, karena dalam memerkirakan masa ovulasi perlu menghitung siklus menstruasi setidaknya dua bulan terakhir.

Pada umumnya, masa ovulasi atau masa subur ini hanya berlangsung 4 hingga 5 hari saja. Waktunya  akan terjadi antara 10 hingga 17 hari terhitung setelah hari pertama menstruasi. Namun perhitungan dengan kalender masa subur ini efektif jika Anda memililki siklus menstruasi yang rutin.

3 Manfaat Mengetahui Masa Subur

Tidak banya perempuan yang rutin mencatat siklus menstruasi seperti juga banya yang abai dengan masa subur. Namun perlu diketahui, mengetahui masa subur memiliki beberapa manfaat, khususnya bagi pasangan suami istri serta berguna untuk kesehatan perempuan.

Berikut manfaat mengetahui masa subur:

  • Meningkatkan peluang memperoleh keturunan¬†

Bagi pasangan yang ingin memperoleh keturunan, melakukan hubungan seks di masa subur dapat meningkatkan peluang kehamilan. Di masa biasa sel sperma sangat sulit untuk dapat membuahi sel telur, tidak seerti saat masa subur karena kondisi sel telur matang yang memang siap dibuahi.

Proses pembuahan pada masa subur dapat berlangsung lebih efektif. Sperma yang ada dalam tuba falopi membuat kesempatan hamil lebih besar. Dengan mengetahui masa subur wanita, dan melakukan hubungan seks pada masa itu untuk meningkatkan peluang kehamilan. Namun demikian, karena singkatnya masa ovulasi, untuk memaksimalkan peluang kehamilan, disarankan untuk melakukan hubungan seksual secara rutin. Terlebih bagi yang memilikli siklus menstruasi tidak menentu.

  • Alat KB Alami 

Mengetahui masa subur atau masa ovulasi juga bisa dijadikan KB alami bagi yang ingin menunda mendapat momongan. Yakni dengan mengurangi frekuensi hubungan seksual di masa tersebut. Perhatikan betul kaan tiba waktu masa subur dan jangan lakukan hubungan pada masa itu.

Meski demikian lebih baik tetap menggunakan alat kontrasepsi untuk memastikan tidak mengalami kehamilan. Selain untuk mencegah kehamilan, alat kontrasepsi juga berfungsi mencegah penyakit menular dari hubungan seksual.

  • Mendeteksi Masalah Reproduksi 

Mengetahui masa subur bagi perempuan juga penting sebagai deteksi dini masalah kesehatan terkait alat reroduksi. Misalkan saat pasangan yang tetap sulit memperoleh momongan meski telah mengusahakan hubungan seksual di masa subur, ada kemungkinan karena masalah lain yang menyebabkan sulit memeroleh keturunan.

Selan itu memastikan siklus menstruasi secara teratur juga penting untuk memastikan kesehatan reproduksi perempuan. karena itu, jangan remehkan siklus menstruasi serta mengetahui masa subur.

Demikian 3 manfaat mengetahui masa subur. Baik untuk pasangan untuk mengatur kehamilan serta kesehatan reproduksi. Jika saat ini Anda masih abai dengan siklus menstruasi ada baiknya mulai mencatat untuk melihat siklus Anda berjalan dengan teratur atau tidak.

Jika merasa ada masalah dengan menstruasi jangan ragu untuk memeriksakannya. Hal tersebut penting untuk mengetahui kondisi kesehatan serta mendeteksi masalah kesehatan lebih dini. Mengetahui masa subur dengan kalender masa subur dapat dilakukan secara mandiri atau saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat dengan mudah diakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *