Cari Vaksin Covid? Yuk Kunjungi Halodoc

4 Fakta Vaksin Gratis Covid-19 dengan BPJS Kesehatan

Corona hingga saat ini sudah memasuki bulan ke 8 menjajah di negeri ini, sektor perekonimian, pendidikan, pariwisata dan lain-lain merasakan imbasnya karena mengalami hambatan dalam aktifitasnya. Untuk melakukan pencegahan terjadinya lonjakan kasus positif Covid, pemerintah sudah melakukan berbagai usaha seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mengadakan isolasi bagi pasien yang terkena Covid, dan kini untuk memulihkan perekonomian Indonesia akhirnya dilakukan program New Normal, dalam hal ini pengawasan ketat terhadap penggunaan masker di publik dan penjagaan jarak kurang lebih 5 meter dilakukan oleh para pelaku bisnis serta pemerintah, bahkan dilakukan pendendaan dan diberlakukan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan bagi yang melanggar.

Namun itu semua masih dirasa kurang efektif ditandai dengan kasus yang belum mengalami penurunan hingga saat ini, untuk keluar dari lingkaran Corona ini hal yang paling diperlukan adalah pengadaan vaksin. Vaksin merupakan agen antigenik yang mengandung materi genetik virus yang dinonaktifkan atau dilemahkan sehingga tidak mampu menginfeksi tubuh, dengan tujuan untuk menstimulasi antibodi untuk mengenali virus dan melawan pertumbuhan virus yang sebenarnya dalam tubuh, vaksin bersifat mencegah pertumbuhan, berbeda dengan obat yang mampu menyembuhkan gejala yang dirasakan si penderita. Berbagai negara di seluruh penjuru dunia sudah mengupayakan pengembangan vaksin demi menghentikan pertumbuhan virus dan memulihkan aktifitas di seluruh dunia. Sudah ada beberapa kandidat perusahaan vaksin yang sudah memasuki tahap hampir siap untuk diproduksi, yang saat ini cukup ramai dibicarakan adalah produsen vaksin dari Cina, Amerika, dan Uni Emirat Arab. Pemerintah juga tengah menjalin kerjasama dengan ketiga negara tersebut yang rencananya akan dilakukan uji coba juga di Indonesia.

Menanggapi hal itu, masyarakat mulai mempertanyakan berapa harga vaksin corona untuk mendapatkan vaksin nantinya sehingga mereka dapat mempersiapkan budget untuk mendapatkan vaksin tersebut. Dilansir dari Antara, Erick Thohir mengatakan harga vaksin corona yang dijual berada di kisaran antara 25 hingga 30 US dollar. Dengan harga yang cukup tinggi masyarakat dikhawatirkan tidak mampu mendapatkan vaksin secara merata, namun pemerintah menyebutkan akan ada solusi dari kekhawatiran tersebut yaitu akan adanya subsidi pemerintah, dengan demikian nantinya vaksin akan terbagi menjadi vaksin mandiri dan vaksin subsidi. Namun harga yang disebutkan juga masih merupakan perencanaan yang artinya harga tersebut belum merupakan harga pasti, mengingat masih akan dilakukannya peritungan mengenai bahan baku dan operasional yang digunakan untuk memproduksi vaksin. Rencananya vaksin subsidi nantinya akan diberikan terhadap 93 juta orang yang tergolong dalam golongan yang membutuhkan. Imunisasi vaksin corona juga rencananya akan ditanggung asuransi BPJS namun detail mengenai mekanisme pelaksanaannya belum dijelaskan secara merinci, yang pasti adalah pemerintah mulai menargetkan waktu imunisasi pada awal tahun 2021.

Selain vaksin corona yang sudah beredar kabar harganya, kini juga sedang ramai dibicarakan mengenai obat corona yang diproduksi oleh salah satu perusahaan besar farmasi di Indonesia yaitu Kalbe Farma, menurut kabar yang beredar obat ini dibanderol dengan harga 3 juta per dosisnya dan mulai akan didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit di Indonesia. Perilisan obat ini juga terlaksana berkat kerjasama dan dukungan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanana (BPOM), Kementrian Keseharan, dan pihak terkait lain. Apapun solusi yang ditawarkan pastinya menjadi harapan besar untuk masyarakat supaya segera pulih dari jeratan kasus covid 19 di seluruh dunia.

Cari Vaksin Corona? Kunjungi Halodoc

Bagi anda yang sedang mencari vaksin corona, anda bisa mencari di halodoc. Disana anda dapat mencari informasi mengenai harga vaksin corona dan lain sebagainya. Dapatkan vaksin corona secara mudah, cukup dengan mengunjungi situs atau aplikasi halodoc. Cukup mudahkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *