Insiden Rutan Siak Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

by -5 views

RADARINDO.co.id – RIAU: Bupati Siak, Alfedri ber­harap, insiden kerusuhan dan pembakaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Siak, Riau, tidak mem­pe­ngaruhi kunjungan wi­sa­tawan saat liburan Idul Fitri 2019 karena saat itu bia­sa­nya banyak warga dari luar daerah mengunjungi daerah berjuluk Negeri Istana ini.

“Biasanya pada Hari Raya Idul Fitri banyak wisatawan yang berkunjung ke Siak, mudah-mudahan tidak ter­pengaruh akibat kejadian ini (kerusuhan Rutan Siak),” kata Alfedri, Selasa (14/5).

Meski demikian, Bupati Siak memastikan Kabupaten Siak dalam kondisi aman dan terkendali sehingga ia mengajak para wisatawan un­tuk datang ke daerahnya. “Siak dalam kondisi aman dan terkendali, Mari datang ke Siak, Ayo datang ke Siak,” imbaunya.

Objek wisata yang ter­kenal adalah Istana Siak Sriindra­pura yang bangunan­nya masih terjaga sesuai aslinya meski ada sedikit renovasi. Di dalam istana tersebut juga tersimpan ko­leksi Sultan Syarif Kasim II dan sejumlah memorabilia kerajaan yang bernilai se­jarah.

Alfedri mengaku sudah menginstruksikan camat, ke­pala desa hingga RT untuk me­ngimbau masyarakatnya tetap waspada dikarenakan masih ada delapan warga bi­­na­an yang kabur dan ber­keliaran di luar.

Dia juga berharap tahanan yang mencoba melakukan pelarian itu segera ditangkap kembali oleh pihak ke­polisian. “Mudah-mudahan ta­hanan yang kabur lekas ter­tangkap, dan kalau bisa ta­hanan itu menyerahkan diri saja,” katanya. (KRO/RD/ANS)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *