RADARINDO.co.id – ACEH: Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib SH mendukung rencana pem­­bangunan dan pengelolaan suaka ba­dak Sumatera di Kabupaten Aceh Timur.

Selain untuk kelestarian fauna dan flora, lokasi suaka badak Sumatera ter­sebut nantinya dianggap menjadi lo­kasi wisata satwa dilindungi. “Kita dukung suaka badak di Aceh Timur, namun harapan kita Pemerintah Aceh juga perlu mendukung program ini,” ujar Bupati usai membuka workshop Sosialisasi Rencana Pembangunan dan Pengelolaan Suaka Ba­dak Sumatera di Idi, Selasa (14/5).

Tahap awal, pemerintah mengajak LSM lokal dan asing untuk membantu daerah ini dalam menciptakan suaka badak Sumatera, baik WWF, FKL dan IDH serta lembaga asing lainnya, sehingga program suaka badak ini dapat segera rampung.

“Program ini bukan hanya untuk Ka­bupaten Aceh Timur, namun memberi manfaatkan untuk Aceh dan Indonesia secara keseluruhan, bahkan hasil kunjungan kita ke objek wisata badak Su­matera di Lampung, manfaatnya sa­ng­at besar dan program ini perlu di­kem­bangkan di Aceh Timur,” tuturnya.

Menurut Hasballah, program suaka badak Sumatera ini bukan hanya sebatas untuk melestarikan badak Su­ma­tera, tapi keberadaan program tersebut juga berdampak positif terha­dap pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti terbangunnya sarana dan prasarana umum yang dapat dimanfa­atkan untuk masyarakat.

“Jalan dan jembatan akan terbangun dan yang paling penting nantinya akan terbuka objek wisata satwa liar dilin­dungi di Aceh Timur,” harapnya seraya meminta masyarakat ikut mendukung program tersebut untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat yang lebih maju. (KRO/RD/ANS)