Karyawan PTPN I Aceh Gelar Aksi Demo

by -29 views

RADARINDO.co.id : Puluhan karyawan PTPN I Aceh di Kota Lang­sa, menggelat aksi demo, Rabu (8/5). Aksi tersebut dilakukan lantaran sejumlah pohon sawit yang ber­ada di la­han perusahaannya di Gampong (de­sa) Kebun Baru, Kecamatan Lang­sa Baro ditebang.

Pantauan di lapangan, terlihat puluhan karyawan PTPN I sekitar pu­kul 11.00 WIB mendatangi lokasi pe­ne­bangan sawit yang dilakukan oleh pihak Pemko Langsa yang dijadikan sebagai perluasan lahan objek wisata hutan kota atau ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di Gampong Paya Bujok Seulamak, Kecamatan Langsa Baro.

Dari pihak Pemko Langsa, Kepala Dinas Pe­kerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat, Said Mahdum, menjelaskan bahwa ia hanya sebagai eksekutor terhadap pe­­ne­bangan pohon sawit yang berada di lahan dimaksud.

Mendengar penjelasan itu membuat puluhan karyawan meminta agar tidak melakukan penebangan terha­dap pohon sawit tersebut dan meminta kegiatan itu dihentikan.

“Kami minta kepada Pemko Langsa agar meng­hentikan pekerjaan ini dengan ti­dak menebang pohon sawit sebelum digelar rapat antara pihak direksi PTPN I dan Pemko Langsa,” seru sa­lah satu karyawan.

Tidak lama kemudian, Asisten III Bidang Administrasi Pemko Langsa, Alfian, datang dan mengatakan, pada Rabu tidak dilakukan pekerjaan untuk menebang pohon sawit sesuai pe­rintah dari Walikota Langsa, Usman Abdullah. Selanjutnya, akan dilakukan rapat dengan pihak Direksi PTPN I dan Pemko Langsa hari ini, Kamis (9/5).

Mendengar penjelasan itu, puluhan karyawan tersebut langsung membubarkan diri dengan tertib kembali ke kantor Direksi PTPN I Aceh di Langsa, yang tidak jauh dari lokasi pe­nebangan pohon sawit. (KRO/RD/ANS)