KORANRADARONLINE.co.id: Guna meningkatkan potensi sumber daya air yang dikelola oleh sejumlah komunitas masyarakat desa yang ada di sekitar lingkungan perusahaan, manajemen PTPN 4 Unit Usaha Kebun Sosa melakukan penaburan sebanyak 50 ribu ekor benih ikan mas, nila dan lele di lokasi tiga desa di dua kecamatan di Kabupaten Padanglawas (Palas).

Manager PTPN 4 Sosa, Misran, mengatakan, tujuan kegiatan bina lingkungan dalam bentuk program penaburan benih ikan di lokasi tiga desa ini, untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan tali silaturrahmi antara perusahaan PTPN 4 Sosa dengan masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan.

“Ada sebanyak 50.000 ekor benih ikan mas, ikan nila dan ikan lele yang ditabur di lokasi perairan tiga desa, yaitu dua desa di Kecamatan Sosa, masing-masing Desa Sirao-rao Dolok sebanyak 10.000 ekor benih ikan ditabur di aliran Aek Silunas, dan Desa Ujung sebanyak 20.000 ekor benih ikan, ditabur di lokasi Danau Gayambang,” ujar Misran.

Kemudian, lanjutnya, di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), sebanyak 20.000 ekor benih ikan ditabur di lokasi kolam perikanan masyarakat desa di pinggiran aliran Sungai Sosa di Desa Parmainan.

“Untuk pengadaan benih ikan ini, kami bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Palas,” terangnya.

Kegiatan penaburan 50.000 ekor benih ikan mas, ikan nila dan ikan lele kepada masyarakat tiga desa ini, merupakan program bina lingkungan PTPN 4 Sosa tahun 2018, yang diharapkan nantinya dapat diberdayakan dan dimanfaatkan hasil perikanannya oleh masyarakat tiga desa, sambungnya.

Camat Huragi, Abdul Rauf Hasibuan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi jajaran manajemen PTPN 4 Sosa atas kepedulian bina lingkungan kepada masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan.

“Memang di daerah Kecamatan Huragi dan Kecamatan Sosa banyak tersedia potensi sumber daya air yang sangat tepat untuk dikelola masyarakat dalam bentuk penaburan benih ikan. Kami mengucapkan terimakasih atas kegiatan penaburan benih ikan ini, yang merupakan kegiatan positif PTPN 4 Sosa kepada warga masyarakat di sekitar perusahaan,” tutupnya. (KRO/RD/medanbisnis)