KORANRADARONLINE.co.id : Anggota Komisi XI DPR RI, Donny Imam Priambodo, mengharapkan agar BUMN dapat meningkatkan upayanya untuk membantu kinerja industri kecil di Tanah Air, guna membantu meningkatkan ekspor nasional.

Dalam rilisnya, Rabu (5/12), Donny Imam Priambodo mencontohkan bahwa BUMN per­bankan bisa ikut mengiklankan produk UMKM ke mancanegara.

“Saya harapkan perbankan yang mem­punyai perwakilan di luar negeri juga ikut andil memasarkan produk-produk dalam negeri,” kata politisi Nasdem tersebut.

Ia juga berharap, agar ber­bagai program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan, bisa efektif meningkatkan pendapatan masyarakat dan mencapai pemerataan di Nusantara.

Donny berpendapat bahwa dengan adanya pemerataan, maka ketahanan UMKM bisa diterapkan untuk kegiatan produktif yang belum bisa disentuh oleh perbankan, sehingga industri kecil juga dapat berkembang.

Sebelumnya, BUMN diharapkan dapat meningkatkan kinerja terutama menghadapi era Industri 4.0 yang diwarnai dengan me­lesatnya kemajuan digitalisasi di berbagai aspek kehidupan.

“BUMN dan anak usahanya harus se­makin baik berkinerja, sehingga berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik, apalagi sekarang sudah menghadapi era industrialisasi,” kata Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Fa­rida Dwi Cahyarini dalam acara BUMN Branding and Marketing Award di Jakarta belum lama ini.

Menurutnya, jika dibandingkan negara tetangga, Indonesia agak tertinggal, seperti Thailand yang dinilai sudah memulai in­dustri 4.0 sejak 2014, sedangkan pemerintah RI baru mulai membuat dan meluncurkan konsep kerangkanya pada 2018 ini.

Sekjen Kemenkominfo menuturkan, era industri 4.0 ditandai dengan perubahan terutama pada sisi teknologi digitalisasi sehingga hal yang perlu diubah adalah pola sisi kepemimpinannya.

“Bagaimana seorang pemimpin sekarang juga ikut dalam era industrialisasi, jangan sampai teknologinya maju tetapi kepe­mimpinannya dalam memimpin bukan seperti pemimpin zaman now,” paparnya.

Untuk itu, BUMN dan berbagai anak usahanya juga diharapkan dapat me­nye­suaikan dengan berbagai kemajuan tek­nologi yang terjadi, seperti pada saat ini digitalisasi sudah mengambil alih di banyak sektor. (KRO/RD/ANALISA)